Cara Mencegah Infeksi Virus Ransomware di 2022

Serangan Ransomware telah menjadi masalah besar bagi hampir setiap industri dan setiap ukuran organisasi. Di Amerika Serikat, pejabat federal menyebutnya sebagai salah satu ancaman terbesar yang saat ini dihadapi bangsa. Selama tahun lalu, penjahat telah menyerang sekolah, agen pengiriman, organisasi kesehatan, uji coba medis, dan banyak lagi. Mengingat dampak serangan ini terhadap organisasi di mana pun, profesional keamanan perlu mengamankan sistem, jaringan, dan perangkat lunak mereka dengan cara baru.

Kerentenan keamanan – Apakah anda menjadi target potensial serangan ransomware?

Ada sejumlah faktor yang mungkin membuat Anda menjadi target serangan ransomware.

  • Perangkat yang digunakan tidak lagi canggih
  • Perangkat memiliki perangkat lunak yang sudah ketinggalan zaman
  • Browser dan/atau sistem operasi tidak update
  • Tidak ada rencana backup yang tepat
  • Perhatian yang tidak memadai telah diberikan pada keamanan siber, dan rencana konkret tidak ada

Jika salah satu poin atau semua poin diatas tidak pernah anda lakukan, maka potensi perangkat anda akan terserang oleh ransomeware akan lebih tinggi, dan hal ini akan mengancam data yang ada didalam perangkat anda, mulai dari file yang terkenkripsi hingga data yang terhapus secara permanent.

Lalu bagaimana cara mencegah perangkat anda anda di serang ransomeware dan mencegah kehilangan dan melindungi data yang sensitif.

Jangan pernah mengeklik tautan tidak aman

Hindari mengeklik tautan dalam pesan spam atau situs web yang tidak dikenal. Jika Anda mengklik tautan berbahaya, unduhan otomatis dapat dimulai, yang dapat menyebabkan komputer Anda terinfeksi.

Hindari mengungkapkan informasi pribadi:

Jika Anda menerima panggilan, pesan teks, atau email dari sumber tidak tepercaya yang meminta informasi pribadi, jangan balas. Penjahat dunia maya yang merencanakan serangan ransomware mungkin mencoba mengumpulkan informasi pribadi terlebih dahulu, yang kemudian digunakan untuk menyesuaikan pesan phishing khusus untuk Anda. Jika ada keraguan apakah pesan itu sah, hubungi pengirim secara langsung.

Jangan buka lampiran email yang mencurigakan:

Ransomware juga dapat menemukan jalannya ke perangkat Anda melalui lampiran email. Hindari membuka lampiran yang tampak meragukan. Untuk memastikan email tersebut dapat dipercaya, perhatikan baik-baik pengirimnya dan periksa apakah alamatnya sudah benar. Jangan pernah membuka lampiran yang meminta Anda menjalankan makro untuk melihatnya. Jika lampiran terinfeksi, membukanya akan menjalankan makro berbahaya yang memberikan kontrol malware pada komputer Anda.

Jangan pernah menggunakan stik USB

yang tidak dikenal: Jangan pernah menghubungkan stik USB atau media penyimpanan lain ke komputer Anda jika Anda tidak tahu dari mana asalnya. Penjahat dunia maya mungkin telah menginfeksi media penyimpanan dan meletakkannya di tempat umum untuk membujuk seseorang agar menggunakannya.

Selalu perbarui program dan sistem operasi Anda:

Memperbarui program dan sistem operasi secara teratur membantu melindungi Anda dari malware. Saat melakukan pembaruan, pastikan Anda memanfaatkan patch keamanan terbaru. Ini mempersulit penjahat dunia maya untuk mengeksploitasi kerentanan dalam program Anda.

Gunakan hanya sumber unduhan yang diketahui:

Untuk meminimalkan risiko mengunduh ransomware, jangan pernah mengunduh perangkat lunak atau file media dari situs yang tidak dikenal. Andalkan situs yang terverifikasi dan tepercaya untuk mengunduh. Situs web semacam ini dapat dikenali dengan segel kepercayaan. Pastikan bilah alamat browser halaman yang Anda kunjungi menggunakan “https” dan bukan “http”. Simbol perisai atau kunci di bilah alamat juga dapat menunjukkan bahwa halaman tersebut aman. Juga berhati-hatilah saat mengunduh apa pun ke perangkat seluler Anda. Anda dapat mempercayai Google Play Store atau Apple App Store, tergantung pada perangkat Anda.

Menggunakan layanan VPN di jaringan Wi-Fi publik:

Penggunaan jaringan Wi-Fi publik secara hati-hati adalah tindakan perlindungan yang masuk akal terhadap ransomware. Saat menggunakan jaringan Wi-Fi publik, komputer Anda lebih rentan terhadap serangan. Agar tetap terlindungi, hindari menggunakan Wi-Fi publik untuk transaksi sensitif atau gunakan layanan VPN yang aman.

Software Anti Ransomeware – apa manfaatnya?

Selain tindakan pencegahan infeksi ini, penting juga untuk menggunakan perangkat lunak yang sesuai untuk melindungi dari ransomware. Misalnya, menggunakan pemindai virus dan filter konten di server email Anda adalah cara cerdas untuk mencegah ransomware. Program ini mengurangi risiko spam dengan lampiran berbahaya atau tautan terinfeksi yang mencapai kotak surat Anda.

Jika Anda telah menginstal perangkat lunak yang tepat, Anda telah mengambil langkah besar ke arah yang benar. Perbarui solusi keamanan internet Anda secara berkala untuk memanfaatkan perlindungan terbaik dan terbaru yang ditawarkannya. Setiap pembaruan berisi patch keamanan terbaru dan meningkatkan perlindungan terhadap ransomware.

Perlindungan data – menetralisir ancaman dari skenario terburuk

Apa yang harus diwaspadai saat membuat cadangan

Pastikan data Anda selalu dilindungi oleh cadangan, jika komputer Anda terinfeksi ransomware dan dekripsi tidak mungkin dilakukan. Gunakan hard drive eksternal dan pastikan untuk melepaskannya dari komputer Anda setelah membuat cadangan. Jika hard drive Anda terhubung saat ransomware menjadi aktif, data di drive juga akan dienkripsi. Anda harus mencadangkan data Anda dengan cara ini secara berkala.

Perangkat lunak cadangan – perlindungan atau ancaman?

Jika Anda tidak ingin melindungi data Anda secara manual, Anda dapat menggunakan apa yang dikenal sebagai perangkat lunak cadangan. Namun di sini Anda juga perlu berhati-hati. Itu karena beberapa “alat keamanan” juga bisa berubah menjadi Trojan. Membuat salinan cadangan adalah tugas utama perangkat lunak pencadangan, yang berarti ia memiliki akses ke semua file dan memiliki banyak hak istimewa.

Perangkat lunak biasanya memiliki koneksi langsung ke penyedia, sehingga mudah bagi penjahat dunia maya untuk memasukkan fungsi dan perintah tambahan. Ini bisa berbahaya dan mungkin tidak dikenali oleh pengguna. Untuk menghindari situasi seperti itu, Anda harus sangat berhati-hati saat mencari perangkat lunak cadangan yang sesuai.

Perlindungan terhadap ransomware – yang harus diperhatikan oleh perusahaan

Serangan Ransomware sama sekali bukan hanya ancaman bagi individu. Bahkan, perusahaan juga kerap menjadi sasaran. Tidak hanya perusahaan besar dan menguntungkan yang menjadi korban ransomware; usaha kecil dan menengah (UKM) juga menjadi sasaran. Mereka biasanya memiliki sistem keamanan yang buruk, dan karena itu menjadi target yang sangat menarik bagi penyerang. Di bawah ini adalah daftar faktor yang harus diperhitungkan oleh perusahaan yang ingin menghindari infeksi ransomware.

  • Tetap up-to-date dengan perangkat lunak operasi terbaru setiap saat – di lingkungan perusahaan juga. Pengalaman masa lalu menunjukkan (misalnya, WannaCry 2017) bahwa perusahaan yang mengabaikan area ini sangat rentan terhadap serangan ransomware.
  • Tingkatkan kesadaran karyawan – seseorang yang tahu apa yang harus dicari akan lebih efektif dalam melawan serangan. Menerapkan protokol keamanan yang memungkinkan karyawan menilai apakah lampiran, tautan, atau email dapat dipercaya.
  • bersiaplah – pastikan ada rencana jika terjadi infeksi ransomware.
  • Pertimbangkan teknologi cloud jika Anda belum melakukannya. Keuntungan dari sistem on-premise adalah bahwa kerentanan dalam arsitektur berbasis cloud lebih sulit untuk dieksploitasi. Selain itu, solusi penyimpanan cloud memungkinkan Anda memulihkan versi file yang lebih lama. Ini berarti bahwa jika file dienkripsi oleh ransomware, Anda harus dapat kembali ke versi tidak terenkripsi menggunakan penyimpanan cloud.
  • Pencadangan – bahkan di lingkungan bisnis, penting untuk selalu mencadangkan data penting bisnis ke perangkat eksternal. Tanggung jawab untuk tugas penting ini harus dinyatakan dan dikomunikasikan dengan jelas.

Ransomware hari ini – pengembangan malware

Sementara konsep dasar serangan ransomware – enkripsi data dan pemerasan tebusan – tetap sama, penjahat dunia maya secara teratur mengubah cara mereka beroperasi.

  • Dari PayPal ke Bitcoin – karena lebih sulit dilacak, permintaan tebusan oleh penjahat dunia maya kini dibuat di Bitcoin. Di masa lalu, PayPal terutama digunakan untuk tujuan ini.
  • Distribusi – awalnya, email spam dianggap sebagai titik serangan utama. Meskipun ini tidak kehilangan relevansinya hari ini, kerentanan VPN dan distribusi melalui botnet sekarang juga umum.

Sama seperti penjahat dunia maya yang mendorong pengembangan ransomware, perlindungan anti-ransomware berkembang menjadi lebih efektif dan efisien.

Kesimpulan

Seperti bentuk malware lainnya, tindakan hati-hati dan penggunaan perangkat lunak keamanan yang sangat baik adalah langkah ke arah yang benar dalam memerangi ransomware. Yang paling penting terkait dengan jenis malware ini adalah pembuatan cadangan, karena ini memungkinkan Anda untuk bersiap dengan baik bahkan dalam skenario terburuk. Jika Anda menjadi korban serangan ransomware terlepas dari tindakan pencegahan dan perlindungan ini, Anda dapat menemukan informasi lebih lanjut di sini tentang cara menyingkirkan perangkat lunak berbahaya.

Leave a Replay

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

Recent Posts
Lihat Produk Tokosiber

Sign up for our Newsletter

Dapatkan info dan update harga produk keamanan siber di Tokosiber.